Tuesday, January 29, 2013

Cara Memperbaiki Mesin Cuci | Mesin Cuci Tidak Berfungsi 2013

Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara memperbaiki mesin cuci yang rusak seperti putaran motor lambat atau tidak berputar sama sekali. Sekarang hampir semua rumah menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian semua anggota keluarga. Maklum orang sekarang lebih menyukai pekerjaan yang ringan dan waktu yang efisien. Dengan harga yang tidak terlalu mahal kita sudah bisa membeli mesin cuci yang cukup bagus. Kalau saya tidak salah ingat, harga mesin cuci yang paling murah itu bisa sampai dibawah satu jutaan (kisaran 1 jt). Mesin cuci saya di rumah menggunakan mesin cuci sanyo yang menggunakan timer mekanis (bukan digital).
Sudah sering sekali mesin cuci di rumah saya rusak dan sampai saat ini saya masih bisa memperbaikinya. Hampir semua kerusakan yang terjadi pada mesin cuci saya yaitu karena tikus. Tikus merupakan binatang pengerat yang sangat meresahkan. Mesin cuci saya dimasukki dan kabel-kabel di dalam dibuatnya sarang. Tapi syukur Alhamdulillah karena ada skema rangkaian yang tertempel pada body mesin bisa saya sambung ulang semua kabel yang putus.
Masuknya tikus di kamar mandi rumah saya sebenarnya juga salah saya sendiri. Saya malas menutup pipa saluran pembuangan air yang dijadikan tikus sebagai jalan masuk ke kamar mandi. Akibatnya jika rumah ditinggal untuk beberapa hari saja, maka kabel-kabel dari mesin cuci akan putus. Jadi mesin cuci rusak lagi, istri ribut lagi (wkwk..wkk.kk).
Tapi saya yakin kerusakan yang terjadi pada mesin cuci anda tidak sepenuhnya sama dengan punya saya. Karena kerusakan pada mesin cuci rumah saya tidak murni kerusakan mesin. Tapi saya yakin kerusakan yang terjadi pada mesin anda merupakan kerusakan karena kelistrikan pada mesin.
Mungkin cara memperbaiki mesin cuci merk apa saja tetap sama. Untuk mesin yang tidak menggunakan rangkaian digital, mudah-mudahan dapat anda perbaiki setelah membaca artikel ini. Bagian-bagian yang ada dalam mesin cuci itu cuckup sederhana. Menurut saya mudah sekali untuk diperbaiki.
Penyebab kerusakan pada mesin cuci. Untuk mengetahui penyebab yang biasa terjadi maka anda harus bisa mengenali jenis kerusakan yang dialami oleh mesin cuci anda. Berikut penjelasan gejala-gejala kerusakannya :
  • Memperbaiki kerusakan putaran mesin kurang kencang. Bila mesin anda berputarnya sangat lambat, maka penyebab kerusakan oleh kapasitor bank. Kapasitor bank ini merupakan komponen elektronika yang bentuknya seperti tabung silinder. Pada mesin cuci, kapasitor ini berguna untuk mempercepat putaran mesin sesuai perhitungan frekuensi rangkaian antara induktor (lilitan motor) dengan kapastior. Jika anda belum tahu seperti apa bentuknya, coba perhatikan gambar dibawah :
kapasitor bank
Kapasitor bank
  • Mesin tidak hidup atau menyala sama sekali. Untuk kesalahan yang ini banyak sekali kemungkinan penyebabnya. Yang pasti kemungkinan besar disebabkan karena supply tegangan ke motor pemutar terputus. Atau bisa juga karena motor listriknya rusak atau terbakar.
  • Suara timer terdengar tetapi mesin tidak menyala. Penyebabnya bisa juga supply tegangan ke motor terputus atau kabel supply pada pensaklaran timer tidak bekerja dengan baik. Berikut gambar timer pada mesin cuci.
timer mesin cuci
Timer mesin cuci
  • Terdengar suara dengung dan bau angit (baru benda terbakar). Kerusakan ini kemungkinan besar karena kumparan motor terbakar. Sehingga motor tidak bisa berputar.
  • Tidak bisa melakukan pembuangan air. Biasanya disebabkan oleh tali yang terhubung dengan kran pembuka terputus. Putaran pembuangan air terhubung dengan kran pembuangan, pada saat kita putar maka kran akan tertarik ke atas dan air akan keluar.
Setelah mengenal penyebabnya maka tentukan cara perbaikan mesin cuci yang rusak. Untuk perbaikan kerusakan mesin cuci merk sanyo, panasonic, sharp, polytron, LG dan semua merk lain yang menggunakan kontrol mekanik (bukan digital) maka perbaikannya relatif sama.
Langkah-langkah memperbaiki mesin cuci yang rusak adalah sebagai berikut :
  • Jika putaran mesin kurang kencang maka anda harus mengganti kapasitor bank dengan yang baru. Dalam satu mesin bisa terdapat satu atau dua buah kapasitor bank. Masing-masing untuk motor washing (pencuci) dan motor drying (pengering). Bila kapasitornya satu berarti kapasitor tersebut mempunyai empat kaki (artinya pada kapasitor tersebut terdapat dua buah kapasitor). Perhatikan dan catat nilai kapasitansi serta tegangan maksimum kapasitor. Contohnya : 10 mikroF, 1000 volt, artinya nilai kapasitansinya adalah 10 mikro farad dan tegangan maksimum kapasitor adalah 1000 volt. Jika kita pakai listrik 220 volt, artinya kapasitor kita tetap aman untuk dipakai. Setelah anda catat kedua nilai tersebut, maka carilah ke toko komponen elektronika. Jika tidak ada nilai yang sama persis, anda boleh beli yang nilainya lebih sedikit (contoh 20 mikro farad anda ganti dengan 25 mikrofarad). Harga kisaran dari kapasitor bank ini kurang lebih 25ribu.
  • Jika mesin tidak menyala sama sekali. Untuk memperbaiki mesin cuci yang tidak menyala sama sekali maka lakukan langkah berikut : 1). Periksa kabel power mesin cuci, stop kontak dan steker (colokan). Pastikan bagian-bagian ini bekerja dengan baik. 2). Buka body mesin cuci dan periksalah kemungkinan ada kabel yang terputus. Jika ada kabel yang putus, maka lakukan penyambungan (ingat kabel power dalam keadaan tidak terhubung), sambunglah sesuai warna kabel dan skema rangkaian.
  • Jika semua langkah diatas sudah anda periksa dan masih belum menyala, buka kap atas bagian mesin dan periksalah sistem pensaklaran timer. Di dalam timer terdapat plat sebagai pengatur tempo hidup dan matinya mesin. Jika timernya rusak maka anda tinggal membelinya ke toko komponen, harganya juga tidak terlalu mahal.
  • Suara timer terdengar tapi mesin tidak menyala. Pada kondisi ini timer anda mugkin masih bagus, tetapi ada jalur supply tegangan ke motor yang putus. Periksalah kembali hubungan kabel-kabel.
  • Untuk memperbaiki mesin cuci yang mendengung dan keluar bau terbakar adalah dengan mengantarkan motor listriknya ke service dinamo. Karena saya yakin anda akan kesulitan untuk memperbaiki kumparan dinamo atau motor listrik.
  • Jika air pembuangan tidak mau keluar, periksa dan perbaiki fungsi pembuka kran pembuangan. Biasanya menggunakan tali.
Saya yakin jika anda menerapkan dengan tepat cara atau tips memperbaiki mesin cuci di atas, mudah-mudahan mesin cuci anda akan bagus kembali. Jadi istri anda tidak marah-marah lagi gara-gara harus mencuci pakaian dengan tangan. Walaupun saya belum melihat semua komponen pada setiap jenis atau merk mesin cuci seperti sanyo, panasonic, sharp, polytron, LG, tapi untuk yang tanpa rangkaian digital (manual), maka tips perbaikan mesin cuci di atas dapat diterapkan. Terima kasih, semoga bermanfaat untuk anda.